Daftar Isi:
  • Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu perhatian orang tua sebagai variable X dan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sebagai variabel Y. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh perhatian orang tua terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 01 Bungaraya Kabupaten Siak . Subyek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi Sekolah Menengah Atas Negeri 01 Bungaraya Kabupaten Siak. Sedangkan obyeknya adalah pengaruh perhatian orang tua terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 01 Bungaraya Kabupaten Siak. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi Sekolah Menengah Atas Negeri 01 Bungaraya Kabupaten Siak yang berjumlah 420 siswa, sedangkan sampelnya sebesar 15% yaitu sebanyak 64 siswa. Teknik pengambilan sampelnya adalah proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah Korelasi product moment, dan penulis menggunakan bantuan perangkat komputer melalui program SPSS (statistical program society sciens) versi 17.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh perhatian orang tua terhadap aktivitas belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 01 Bungaraya Kabupaten Siak yang terbukti dari nilai thitung > ttabel (3,844 > 1,670). Adapun persentase pengaruh perhatian orang tua terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 01 Bungaraya Kabupaten Siak adalah 19,2%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.