PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SNOWBALL DRILLING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 016 DESA KEMANG INDAH KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui penerapan metode pembelajaran snowball drilling di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 016 Desa Kemang Indah Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah yaitu 68. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran snowball drilling dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu: observasi, tes, dokumentasi, adapun teknik analisi datanya yaitu aktivitas guru dan aktivitas siswa dengan menggunakan rumus