Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran Number Head Together (NHT) dengan menggunakan strategi Learning Start With A Question (LSQ) terhadap hasil belajar kimia siswa di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel yang di gunakan adalah simple random sampling. Sebagai sampel di ambil 2 kelas yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar siswa di peroleh dengan menggunakan metode tes, yang di analisis menggunakan uji-t dimana hasil perhitungan data akhir diperoleh nilai thitung = 2,14 >ttabel = 2,018 yang berartihipotesis Ha diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Number Head Together (NHT) dengan menggunakan strategi Learning Start With A Question (LSQ) berpengaruh terhadap hasil belajar kimia siswa dengan koefisien pengaruh sebesar9,8%. Kata kunci: Numbered Heads Together, Learning Start With A Question, Hasil belajar