PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN GURU AL-QURAN HADIS DALAM MENJELASKAN PELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH PENYASAWAN KECAMATAN KAMPAR
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan, dimana guru sudah memiliki keterampilan dalam menjelaskan pelajaran, siswa juga sudah memiliki persepsi yang positif tentang keterampilan guru dalam menjelaskan, namun motivasi belajar siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan persepsi siswa tentang keterampilan guru Al-Qur’an Hadis dalam menjelaskan pelajaran terhadap motivasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Penyasawan Kecamatan Kampar. Untuk mengambil sampel penulis menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Jumlah sampel yang penulis ambil yaitu sebanyak 25 % dari setiap kelas yaitu kelas VII A, VII B, VII C, VIII A, VIII B, VIII C, VIII D, IX A dan kelas IX B, sehingga didapatkan sampel sebanyak 42 siswa dari total 170 siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan angket tertutup yang disusun dengan menggunakan skala Likert. Teknik analisa data penelitian ini menggunakan teknik korelasi Product Moment. Hipotesis penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang keterampilan guru Al-Qur’an Hadis dalam menjelaskan pelajaran terhadap motivasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Penyasawan Kecamatan Kampar. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan, terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang keterampilan guru Al-Qur’an Hadis dalam menjelaskan pelajaran terhadap motivasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Penyasawan Kecamatan Kampar. Hal ini dapat diketahui dari hasil analisa data yang diperoleh yaitu nilai ro = 0,840 sedangkan nilai rtabel (5%) (df=N-2 = 42-2=40) adalah 0,304 dan nilai rtabel (1%) = 0,393. Karena rhitung lebih besar dari rtabel atau 0,840>0,304/0,393 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang keterampilan guru Al-Qur’an Hadis dalam menjelaskan pelajaran terhadap motivasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Penyasawan Kecamatan Kampar