PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA MADRASAH TSANAWIYAH HIMMATUL UMMAH
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan koneksi matematis siswa dan belum dilaksanakanya pendekatan Saintifik di MTs Himmatul Ummah. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk menyelidiki pengaruh penerapan pendekatan Saintifik terhadap kemampuan koneksi matematis siswa dan interaksi pendekatan Saintifik ditinjau dari kemampuan awal terhadap kemampuan koneksi matematis siswa MTs Himmatul Ummah. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk menyelidiki hubungan sebab akibat dengan cara memberikan perlakuan pada salah satu kelas dan membandingkan hasilnya dengan salah satu kelas yang diberikan perlakuan yang berbeda. Penulis menggunakan tes”t” dan anova dua arah (two Fctorial design). Berdasarkan hasil analis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis antara siswa yang mengikuti pendekatan Saintifik dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung serta jika ditinjau dari kemampuan awal tinggi, kemampuan awal sedang, kemampuan awal rendah, 2) Adanya interaksi pendekatan Saintifik ditinjau dari kemampuan awal terhadap kemampuan koneksi matematis. Dengan demikian secara umum pendekatan Saintifik ditinjau dari kemampuan awal berpengaruh terhadap kemampuan koneksi matematis siswa MTs Himmatul Ummah. Kata kunci : Saintifik, Kemampuan Koneksi Matematis, Kemampuan Awal Matematis.