Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya Efektivitas belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Kampar. Rumusan masalah dalam penelitaian ini adalah “Apakah ada Hubungan yang signifikan antara Pelaksanaan Penilaian Portofolio Kurikulum 2013 Oleh Guru Ekonomi dengan Efektivitas Belajar Siswa Kelas X di Madrasah Aliyah Negeri Kampar?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara Pelaksanaan Penilaian Portofolio Kurikulum 2013 oleh Guru Ekonomi dengan Efektivitas Belajar Siswa Kelas X di Madrasah Aliyah Negeri Kampar.Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri Kampar dan objek dalam penelitian ini adalah hubungan pelaksanaan penilaian portofolio kurikulum 2013 oleh guru ekonomi dengan efektivitas belajar siswa kelas X. Pengambilan data dilakukan dengan angket, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier sederhana.Berdasarkan uji Regresi linier sederhana diperoleh ro (obeservasi ) >0,397= rt (table ) pada taraf signifikan 5% dan 1% (0.205<0.397>0.267. yang berarti maka Haditerimah dan H0 ditolak yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara hubungan pelaksanaan penilaian portofolio kurikulum 2013 oleh guru ekonomi dengan efektivitas belajar siswa kelas X di Madrasah Aliyah Negeri Kampar. Kata Kunci: Penilaian Portofolio, Efektivitas Belajar siswa.