PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, LEVERAGE DAN AGRESIVITAS PAJAK, TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY ( STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2013 – 2015)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh variabel profitabilitas, likuiditas, leverage dan agresivitas pajak terhadap corporate social responsibility (CSR). Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan manufaktur di BEI periode 2013-2015. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 130 perusahaan. Metode sampling dalam penelitian ini adalah purposive sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 30 perusahaan manufaktur per tahun. Setelah melalui tahap pengolahan data terdapat 13 data outlier yang harus dikeluarkan dari sampel penelitian, sehingga jumlah sampel yang digunakan adalah 17 perusahaan manufaktur per tahun. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dan uji asumsi klasik dengan menggunakan SPSS versi 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial profitabilitas dan likuiditas berpengaruh signifikan terhadap Corporate Social Responsibility, leverage dan agresivitas pajak tidak berpengaruh terhadap Corporate Social Responsibility, Sedangkan secara simultan profitabilitas, likuiditas, leverage dan agresivitas pajak tidak berpengaruh terhadap Corporate Social Responsibility. Kata kunci: Corporate Social Responsibility, Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, Agresivitas Pajak.