PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SAINS LINGKUNGAN TEKNOLOGI MASYARAKAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 42 PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe sains lingkungan teknologi masyarakat di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 42 Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang tidak mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal yang telah ditetapkan oleh sekolah yaitu 73. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 42 Pekanbaru. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe sains lingkungan teknologi masyarakat dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data pada aktivitas guru dan siswa menggunakan rumus persentase yaitu