PENERAPAN STRATEGI PERMAINAN KARTU SOAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 37 PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan strategi permainan kartu soal dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V Sekolah Dasar Negeri 37 Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dan tidak mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah yaitu 78. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 37 Pekanbaru. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi permainan kartu soal dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dua siklus dan setiap siklus dilakukan dalam dua pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data guru dan siswa dengan rumus P 100% N F x dan hasil belajar siswa dengan ketuntasan individu yaitu : HA = Skor Maksimal