PENGARUH PEMBERIAN MOTIVASI OLEH GURU TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN SISWA PADA TAHFIZH AL-QUR’AN DI MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH BERBASIS TEKNOLOGI INFORMATIKA PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa, dimana pemberian motivasi oleh guru kepada siswa telah baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian motivasi oleh guru terhadap kemampuan mengahafal Al-Qur’an siswa pada Tahfizh Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Berbasis Teknologi Informatika Pekanbaru. Subjek penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Berbasis Teknologi Informatika Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah siswa di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Berbasis Teknologi Informatika Pekanbaru. Objek penelitian ini adalah pengaruh pemberian motivasi oleh guru terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa pada Tahfizh Al-Qur’an. Pupulasi Sampel dalam penelitian ini sebanyak 23 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes lisan dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah Product moment. Berdasarkan hasil analisis diperoleh rhitung sebesar 0,752 lebih besar dari rtabel pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu sebesar 0,413 dan 0,526 atau (0,413 < 0,752 > 0,526) yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh pemberian motivasi oleh guru terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa pada Tahfizh AlQur’an di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Berbasis Teknologi Informatika Pekanbaru. Besar persentase pengaruh pemberian motivasi oleh guru terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa pada Tahfizh Al-Qur’an sebesar 56,5%, sedangkan sisanya sebesar 43,5% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variable lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.