PENERAPAN STRATEGI POINT COUNTERPOINT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 007 PULAU PAYUNG RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui penerapan Strategi Pembelajaran Point Counterpoint di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 007 Pulau Payung Rumbio Jaya Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. hal ini tampak pada gejala-gejala diantaranya kurangnya siswa bertanya dan mengajukan pertanyaan sehingga pembelajarannya tidak berjalan dengan semaksimal mungkin. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 007 Pulau Payung Rumbio Jaya Kabupaten Kampar. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Strategi Point Counterpoint dan aktivitas belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah aktivitas guru dan aktivitas siswa dengan menggunakan rumus persentase, yaitu: P =