PENGARUH KOMPENTENSI PEDAGOGIK GURU EKONOMI TERHADAP PEMAHAMAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X MADRASAH ALIYAH AL- MUNAWWARAH PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini terdiri dari dua variabel, variabel bebas/independen yaitu kompetensi pedagogik guru ekonomi dan variabel terikat/dependen yaitu terhadap pemahaman belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa besar pengaruh antara Kompetensi Pedagogik Guru Ekonomi Terhadap Pemahaman Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Madrasah Aliyah Al-Munawwarah Pekanbaru Pada Materi Masalah Ekonomi. Subjek penelitian ini adalah Guru Ekonomi Dan Siswa Kelas X Madrasah Aliyah AlMunawwarah Pekanbaru. Objeknya adalah Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Ekonomi Terhadap Pemahaman Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Madrasah Aliyah Al-Munawwarah Pekanbaru. Jumlah sampel yang diteliti dalam penelitian ini sebanyak 60 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, tes,angket dan observasi. Teknik anilisis yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Kompetensi Pedagogik Guru Ekonomi Terhadap Pemahaman Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Madrasah Aliyah Al-Munawwarah Pekanbaru. Hasil tersebut diperoleh dari nilai r hitung > r tabel atau baik taraf signifikan 5% dan 1% atau 0,384 < 0,412 > 0,308. Artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Besar persentase Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Pemahaman Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi adalah sebesar 38,4% dan selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci:Kompetensi Pedagogik, Pemahaman Belajar Siswa.