Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan rendahnya perilaku belajar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh tata ruang kelas terhadap perilaku belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Telkom Pekanbaru. Subjek penelitian ini siswa kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Telkom Pekanbaru. Objek penelitian ini adalah pengaruh tata ruang kelas terhadap perilaku belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X AK/ADP Sekolah Menengah Kejuruan Telkom Pekanbaru berjumlah 30 siswa . Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai rhitung > rtabel pada taraf signifikan 5% dan rhitung > rtabel pada taraf signifikasi 1% (0,374< 0,848> 0,478) yang berarti bahwa terdapat pengaruh tata ruang kelas terhadap perilaku belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Telkom Pekanbaru. Besar persentase pengaruh tata ruang kelas terhadap perilaku belajar siswa sebesar 71,9%, sedangkan sisanya sebesar 28,1% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Kata Kunci : Tata Ruang Kelas, Perilaku Belajar