PENERAPAN STRATEGI KEMBALI KE TEMPAT SEMULA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWAPADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 014 MUARA TAKUS KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas V Sekolah dasar Negeri 014 Muara Takus Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar melalui penerapan strategi kembali ke tempat semula. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa yang mana skornya berjumlah 61 dan memiliki kategori tidak baik yaitu 33,15%. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 014 Muara Takus Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui strategi Kembali ke Tempat Semula. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus ada 2 kali pertemuan. Adapun pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah aktivitas guru, aktivitas siswa, dan motivasi belajar siswa dengan menggunakan rumus persentase, yaitu