Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menelitihubungan komunikasi interpersonal dengan perilaku belajarpada siswaSMAN 1 Cerenti.Subjek dalam penelitian ini adalahsiswaSMAN 1 Cerentiyang berjumlah 122orang.Skala yang digunakan untuk mengukur komunikasi interpersonal disusun berdasarkan karakteristik model humanistikkomunikasi interpersonal oleh Devito, sedangkan skala perilaku belajardisusun berdasarkan aspek perilaku belajaryang dikembangkanoleh Muhibbin Syah. Analisis data yang digunakan adalahteknik korelasiproduct moment dari Pearsondengan bantuan program SPSS versi 17.0 for Windows.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan komunikasi interpersonal dengan perilaku belajar pada siswa SMAN 1 Cerenti dengan kategori hubungan tergolong rendah karena memilikinilaikoefisien korelasi sebesar0,336dengan tingkat signifikansi 0,000. Artinya semakin baik komunikasi interpersonal maka akan semakin baik pula perilaku belajar pada siswa, dan sebaliknya semakin buruk komunikasi interpersonalorang tua-anak maka akan semakin burukpula perilaku belajar pada siswa. Besarnya kontribusi atau sumbangan efektif yang diberikan komunikasi interpersonal orang dengan perilaku belajar pada siswa SMAN 1 Cerenti sebesar 11,3% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.Kata-Kunci:Perilaku Belajar siswadan Komunikasi Interpersonal.