PENGARUH EKUITAS MEREK DAN DESAIN PRODUK TERHADAP PERSEPSI KONSUMEN PADA SEPATU MEREK FLADEO DI RAMAYANA PANAM SQUARE
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan pada masyarakat Pekanbaru. Penelitian ini dimulai sejak bulan Januari hingga April 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ekuitas merek dan desain produk terhadap persepsi konsumen pada sepatu merek Fladeo di Ramayana Panam Square. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode Accidental Sampling dengan menggunakan teori (Irawan, 1995 : 58) dalam Sukandarrumidi dan Haryanto (2014 : 24) maka diperoleh sampel sebanyak 100 orang. Sedangkan untuk mengetahui besarnya pengaruh variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y) digunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan perangkat spss versi 20.0. berdasarkan hasil uji regresi linear berganda di peroleh persamaan: 3,313 + 0,552 X1 + 0,333 X2 + e, kemudian dari hasil simultan (Uji f) diketahui bahwa variabel ekuitas merek dan desain produk secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap persepsi konsumen pada produk sepatu merek Fladeo di Ramayana Panam Square. Sedangkan berdasarkan hasil uji secara parsial (uji t) di ketahui bahwa variabel ekuitas merek dan desain produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap persepsi konsumen pada produk sepatu merek Fladeo di Ramayana Panam Square. Sedangkan berdasarkan perhitungan nilai Koefisien Determinasi (R ) diperoleh nilai R Square sebesar 0,580. Hal ini menunjukka bahwa variabel ekuitas merek dan desain produk secara keseluruhan memberikan pengaruh sebesar 58% terhadap persepsi konsumen pada produk sepatu merek Fladeo di Ramayana Panam Square. Sedangkan sisanya sebesar 42% adalah dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian. 2 Kata kunci: ekuitas merek, desain produk, Persepsi Konsumen