Daftar Isi:
  • Persepsi siswa tentang kemampuan komunikasi guru sangat penting karena akan mempengaruhi minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan persepsi siswa tentang kemampuan komunikasi guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap minat belajar siswa di SMAN 8 Pekanbaru. Subjek pada penelitian ini adalah siswa di SMAN 8 Pekanbaru dan sebagai objek adalah pengaruh persepsi siswa tentang kemampuan komunikasi guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap minat belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian Ex Post Facto. Pada penelitian ini penulis mencari langsung datadata di lapangan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Subyek penelitian sejumlah 183 siswa yang diambil dari 20% dengan jumlah populasi sebanyak 916 siswa. Adapun teknik penarikan sampel yakni Proportionate Stratified Random Sampling. Penyebaran angket diberikan kepada siswa kelas X dan XI IPA/IPS di SMAN 8 Pekanbaru. Sedangkan teknik analisis data digunakan rumus Product Moment dan uji SPSS 16.0 Korelasi Product Moment. Hasil analisis data penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,215 pada taraf signifikansi 1 % dan 5% yaitu 0,148<0,215>0,194. Dengan demikian, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh persepsi siswa tentang kemampuan komunikasi guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap minat belajar siswa di SMAN 8 Pekanbaru