PENGARUH KOMUNIKASI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 40 PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, sedangkan guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 40 Pekanbaru sudah memiliki komunikasi yang baik, antara lain : 1) Guru mengajukan pertanyaan yang mendorong siswa mendalami materi belajar, 2) Guru menggunakan berbagai pertanyaan dan komentar siswa sebagai bahan komunikasi dalam pembelajaran, 3) Guru menggunakan komunikasi nonverbal secara efektif, 4) Guru terampil dalam menciptakan suasana yang menyenangkan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu komunikasi guru Pendidikan Agama Islam sebagai variabel bebas (variabel X) dan hasil belajar sebagai variabel terikat (variabel Y). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan Komunikasi Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menegah Pertama Negeri 40 Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 40 Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VII di SMP Negeri 40 Pekanbaru, sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah pengaruh komunikasi guru Pendidikan Agama Islam terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 320 orang, karena jumlah populasi lebih dari 100 orang, maka penulis mengambil sampel 20 % dengan jumlah siswa 64 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proportionate random sampling. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan bantuan perangkat program komputer program SPSS for windows versi 16.0. Setelah menganalisis data, penulis menyimpulkan bahwa komunikasi guru Pendidikan Agama Islam ialah sebesar 64,55% atau dalam kategori baik. Sedangkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam ialah sebesar 83,67% atau tergolong baik. Berdasarkan hasil dan analisa data dan ternyata Ha dapat diterima pada taraf signifikan 5 % (0,250) dan 1 % (0,325) karena ini di buktikan dari hasil regresi yang menyatakan nilai r hitung ro (observasi) = 0,775. Analisa tersebut dapat disimpulkan disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara komunikasi guru Pendidikan Agama Islam terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 40 Pekanbaru. Besarnya pengaruh variabel X terhadap variabel Y yaitu 60%.