PENERAPAN NILAI-NILAI AKHLAK PADA SISTEM PELAYANAN NASABAH DI PT. PEGADAIAN (PERSERO) SYARIAH PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian Ini dilatarbelakangi oleh persoalan cara pelayan kepada nasabah yang belum terlaksana dengan maksimal. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan nilai-nilai akhlak pada sistem pelayanan nasabah di PT. Pegadaian (Persero) Syariah Subrantas Pekanbaru. Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan nilai-nilai akhlak pada sistem pelayanan nasabah di PT. Pegadaian (Persero) Syariah Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah PT. Pegadaian (Persero) Syariah Pekanbaru. Selanjutnya yang menjadi objek penelitian ini adalah Penerapan Nilai-Nilai akhlak Pada Sistem Pelayanan Nasabah Di PT. Pegadaian (Persero) Syariah Subrantas Pekanbaru. Penelitian ini disusun dengan kerangka pikir yang sistematis dengan menggunakan model deduktif. Informan penelitian berjumlah 5 (lima) orang. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi yang kemudian hasil data tersebut dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Penelitian menemukan bahwa Penerapan Nilai-Nilai Islam Pada Sistem Pelayanan Nasabah Di PT. Pegadaian (Persero) Syariah Subrantas Pekanbaru adalah Pertama, pelayan melalui lisan, yaitu nilai kesabaran, Kedua, pelayanan melalui tulisan, yaitu nilai ukhuwah dan Ketiga, pelayan melalui perbuatan, yaitu menepati janji. Hal ini dikarenakan terbatasnya SDM dan juga aturan dari perusahaan belum maksimal. Kata Kunci : Nilai-Nilai Akhlak, Pelayanan, Nasabah, Pegadaian Syariah