TINGKAT KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RUMAH SAKIT SANSANI KOTA PEKANBARU
Daftar Isi:
- Pelayanan bagi publik eksternal Public Relation di Rumah Sakit sangat mempengaruhi tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan. Masalah pada penelitian ini adalah bagaimana kualitas tingkat pelayanan terhadap kepuasan di Rumah Sakit Sansani Kota Pekanbaru. Metode pada penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan populasi berjumlah 6500 pasien dan sampel sebanyak 98 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive sampling. Data ini diperoleh dari Data Primer dan Data Sekunder. Penggunaan variabel pada penelitian ini adalah variabel tunggal. Teknik pengumpulan data yaitu angket, observasi, dan studi kepustakaan. Analisis data dilakukan secara statistic descriptif persentatif dengan analisis univariat yang berfokus kepada Variabel tunggal. Hasil dari penelitian ini sesuai dengan beberapa indikator data yaitu Reliability dengan persentase 63,18 % termasuk dalam kategori puas. Indikator data Responsiveness dengan persentase 64,41% termasuk dalam kategori puas. Indikator data Assurance dengan persentase 62,96 % termasuk dalam kategori puas. Indikator data Emphaty dengan persentase 63,19 % termasuk dalam kategori puas. Indikator kata Tangible dengan persentase 71,70 termasuk dalam kategori puas. Secara umum tingkat kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien dirumah sakit sansani kota pekanbaru adalah 63,13 % termasuk dalam kategori puas. Kata kunci: Kualitas, Kepuasan, Tingkat