ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN JASA LEASING PT. FIF (FEDERAL INTERNATIONAL FINANCE) PEKANBARU

Main Author: Rizki Saragih,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/1966/1/2013_2013372MEN.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/1966/
Daftar Isi:
  • Peniltian ini dilaksanakan pada PT. Federal International Finance JL.Soekarno Hatta. Penilitian ini menggunakan 4 variabel independen yaitu (X1)Budaya, (X2) Sosial, (X3) Pribadi, (X4) Psikologis dan Perilaku Konsumen (Y) variabel dependent. Populasi dalam penilitian ini yaitu seluruh konsumen yang telah menggunakan jasa leasing PT. FIF Pekanbaru sebanyak 2.832 Orang. Data yang dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner terhadap 97responden yang diperoleh dengan menggunakan teknik Aksidental Sampling. Data diperoleh dianalisa secara deskriptif dan kuantitatif dengan menggunakan analisis berupa uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji asumsi klasik, regresi liniear berganda dan pengujian hipotesis dengan uji f dan uji t korelasi r dan koefisien determinasi dengan bantuan program Statistical Package For the Sosial Sciences (SPSS). Dari analisis tersebut diperoleh persamaan regresi sebagai berikut : Y = 2,416 + 0,164 (X1) + 0,164 (X2) + 0,334 (X3) + 0,226 (X4) + e Dari hasil analisis statistik diketahui terdapa tpengaruh yang positif dan signifikan secara parsial antara Budaya (X1), Sosial (X2), Pribadi (X3), dan Psikologis (X4) terhadap Perilaku Konsumen (Y). Dimana t hitung masing-masing variabe lsebesar X1(2,063), X2(2,090), X3(2,903, X4 (2,619), lebih besar dari t table (1,986), dengan tingkat siqnifikan X1(0,042), X2(0,039), X3(0,005), X4(0,010) <(0,05). Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan antara Budaya, Sosial, Pribadi, Psikologis terhadap Perilaku Konsumen dimana F hitung 44.549>F tabel 2,471. Dengan tingkat signifikan 0,000<0,05. Dari hasil regresi menunjukan bahwa variabel Pribadi sebesar 2,903 merupakan faktor yang paling besar atau paling dominan dalam mempengaruhi Perilaku Konsumen. Uji korelasi ganda R, diketahui nilai r 0,812 maka korelasi r antar variabel X dan Y memiliki hubungan yang sangat kuat, sedangkan sumbangan koefisien determinasi pengaruh Budaya, Sosial, Pribadi dan Psikologis 64,5%. Sedangkan sisanya sebesar 35,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh penilitian ini. Kata Kunci : Perilaku Konsumen (Budaya, Sosial, Pribadi, Psikologis)