STRATEGI DAKWAH PT. UFUK BARU MELALUI MAJALAH MATA AIR SEBAGAI MAJALAH ISLAMI DI INDONESIA
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang nya bacaan berkualitas bernuasa Islami dalam kemasan majalah di Indonesia, disebabkan beberapa penghambat dalam dakwah melalui media ini, kehadiran majalah Mata Air dengan keistimewaan nya yang membawa dakwah kontemporer berisi pengintegrasian budaya, sains tekhnologi kepada keislaman menarik perhatian untuk diketahui strategi dakwahnya. Strategi dakwah adalah siasat, taktik yang dipergunakan dalam aktivitas dakwah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi dakwah PT. Ufuk baru melalui majalah Mata Air. Subjek penelitian ini adalah Pimpinan Utama, Penasihat Penerbitan, Pimpinan Redaksi dan Dewan Penasihat Majalah Mata Air . Selanjutnya yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah strategi dakwah majalah Mata Air. Penelitian ini disusun dengan kerangka pikir yang sistematis dengan menggunakan model deduktif. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Informan penelitian berjumlah 4 (empat) orang. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yang kemudian hasil data tersebut dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Strategi dakwah PT. Ufuk Baru melalui majalah Mata Air dilaksanakan dari penyusunan rencana dakwah, perumusan materi, pemetaan kondisi mad’u, serta manajemen biaya, waktu dan frekuensi pelaksanaan. Penelitian ini menemukan bahwa pertama, Penyusunan rencana dirumuskan sepenuhnya berdasarkan kebutuhan akan ilmu pengetahuan dan terinspirasi dari pergerakan kemanusiaan ustadz M. Fethullah Gulen. Kedua, materinya berisi pembahasan atas isu-isu baru dan kontemporer yang mengintegrasikan budaya, sains tekhnologi dengan analisa yang mendalam, agamis dan ilmiah meliputi Akidah, Ibadah dan Muamalah yang termaktub di dalam Al-Qur’an, Al-Hadits ditambah dengan materi dari kejadian fenomenal (tranding topic). Ketiga, mad’u dipetakan sesuai dengan konten dan tingkat pemahaman atas artikel, Sebagian besarnya adalah para pelajar dan akademisi. Keempat, Penulis berasal dari mancanegara yang memiliki penguasan ilmu terkait. Kelima, waktu dan frekuensi penerbitan empat kali setahun, biayanya berasal dari dana hasil langganan dan donatur tanpa berorientasi pada keuntungan Kata Kunci : Strategi Dakwah, PT. Ufuk Baru, Majalah Mata Air