Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan lembar kerja siswa berbasis pendekatan problem posing yang valid dan praktis serta untuk mendeskripsikan pemahaman konsep matematis siswa setelah menggunakan Lembar Kerja Siswa berbasis pendekatan problem posing. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah kelas XI MIA 8 MAN 2 Model Pekanbaru dan objek penelitian ini adalah lembar kerja siswa berbasis pendekatan problem posing. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Berdasarkan uji validitas, lembar kerja siswa berbasis pendekatan problem posing dinyatakan valid dengan persentase tingkat kevalidan 91%. Berdasarkan uji praktikalitas, lembar kerja siswa berbasis pendekatan problem posing dinyatakan praktis dengan persentase tingkat kepraktisan 87%. Dari hasil tersebut, mengidentifikasikan bahwa lembar kerja siswa yang dikembangkan valid dan praktis. Berdasarkan tes pemahaman konsep matematis siswa setelah menggunakan lembar kerja siswa berbasis pendekatan problem posing, pemahaman konsep matematis siswa diperoleh persentase tingkat penguasaan yaitu 86% yang termasuk pada kategori tinggi. Kata Kunci : Lembar Kerja Siswa, Pendekatan Problem Posing, Pemahaman Konsep Matematis Siswa.