Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Pesera Didik (LKPD) berbasis pendekatan open-ended yang valid, praktis dan efektif untuk memfasilitasi kemampuan representasi matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di MTs Darul Hikmah Pekanbaru. Subjek penelitian adalah dosen dan pendidik sebagai validator serta peserta didik kelas VII MTs Darul Hikmah Pekanbaru. Sampel penelitian adalah kelas VII.A5 sebagai kelas eksperimen yang diterapkan LKPD berbasis pendekatan open-ended serta kelas VII.A4 sebagai kelas kontrol yang diterapkan pembelajaran konvensional. Objek penelitian ini adalah LKPD berbasis pendekatan open-ended. Teknik pengumpulan data berupa angket uji validitas, angket uji praktikalitas, dan soal posstest. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan uji validitas, LKPD berbasis pendekatan open-ended dinyatakan kategori sangat valid dengan persentase tingkat kevalidan 81,06%. Berdasarkan uji praktikalitas, LKPD berbasis pendekatan open-ended dinyatakan kategori sangat praktis dengan persentase tingkat kepraktisan 92,48%. Berdasarkan posttest nilai