Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V Sekolah Dasar Negeri 012 Naumbai Kecamatan kampar Kabupaten Kampar melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together. Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial yang dipengaruhi oleh kurangnya siswa menyimak pelajaran yang disampaikan oleh guru. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 012 Naumbai. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together dan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data aktivitas guru dan siswa dengan menggunakan rumus persentase, yaitu: P =