Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan ini untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 010 Pulau Birandang Kecamatan Kampar Timur melalui penerapan metode collaborative learning. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di antaranya siswa kurang aktif bertanya dan kurang aktif dalam mengeluarkan pendapat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 010 Pulau Birandang dengan jumlah siswa sebanyak 16 orang. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan metode collaborative learning dengan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus 4 kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah aktivitas guru dan aktivitas siswa dengan menggunakan rumus persentase, yaitu: F P = X 100% N Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data dapat diketahui bahwa penerapan metode collaborative learning menunjukkan aktivitas belajar siswa sebelum tindakan 41,74% dengan kategori “kurang tinggi”. Setelah dilaksanakan, aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 66,96% dengan kategori “cukup tinggi” pada siklus I. Pada siklus II, aktivitas belajar siswa semakin meningkat menjadi 78,91% dengan kategori “tinggi”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode collaborative learning dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 010 Pulau Birandang Kecamatan Kampar Timur. Kata kunci: Metode, Collaborative Learning, Aktivitas Belajar Siswa