Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi motivasi belajar yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap motivasi belajar siswa pada pokok bahasan struktur atom dan sistem periodik unsur di SMA Negeri 2 Tambang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Random Sampling, sehingga didapat dua kelas yaitu kelas X6 sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional dan kelas X8 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi, dan angket. Hasil analisis deskriptif menunjukkan motivasi belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dimana persentasi motivasi belajar kelas eksperimen 81,17% sedangkan kelas kontrol 72,08%. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t, diperoleh thitunng (8,03) > ttabel (1,66) yang berarti hipotesis Ha diterima Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap motivasi belajar siswa SMA Negeri 2 Tambang. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Numbered Head Together (NHT), Motivasi belajar.