PENGARUH PRODUK, GAYA HIDUP DAN PERSEPSI KUALITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR KAWASAKI KLX 150 (STUDI KASUS PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN ILMU SOSIAL UIN SUSKA RIAU)
Daftar Isi:
- Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh produk, gaya hidup dan persepsi kualitas terhadap keputusan pembelian Sepeda Motor Kawasaki KLX 150 pada Mahasiswa Fakutas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN Suska Riau. Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN Suska Riau dan yang menjadi populasi dalam penelitian ini Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN Suska Riau yang menggunkan sepeda motor Kawasaki KLX 150 yang jumlah populasinya tidak diketahui. Dengan menggunakan metode accidental sampling jumlah sampel yang didapat sebanyak 77 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisa kualitatif dan kunatitatif. Hasil penelitian ini dengan metode pengolahan data analisis linier berganda dimana Y = 0,273 + 0,137X1 + 0,647X2 + 0,186X3 + e dan analisis koefisien determinasi, nilai R sebesar 0,819 atau 81,9% berarti terdapat hubungan antara produk, gaya hidup dan persepsi kualitas sebesar 81,9%. Sementara nilai R Square sebesar 0,670 atau 67%, berarti produk, gaya hidup dan persepsi kualitas dapat mempengaruhi keputusan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN Suska Riau dalam membeli sepeda motor Kawasaki KLX 150 sebesar 67% dan sisanya 33% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Pada uji Parsial (Uji T) Nilai variabel produk sig. 0,006 berada dibawah 0,05, nilai variabel gaya hidup sig. 0,000 berada dibawah 0,05, dan nilai variabel persepsi kualitas sig. 0,005 berada dibawah 0,05, artinya nilai variabel produk, variabel gaya hidup dan variabel persepsi kualitas masing – masing mempunyai pengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian sepeda motor Kawasaki KLX 150. Nilai Fhitung (49,511) > Ftabel (2,73) dengan sig. (0,000) < (0,05). Artinya produk, gaya hidup, persepsi kualitas memiliki pengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Kawasaki KLX 150 pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN Suska Riau. Kata Kunci : Produk, Gaya Hidup, Persepsi Kualitas dan Keputusan Pembelian