PENGARUH PENERIMAAN TEMAN SEBAYA DALAM BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP KONSEP DIRI SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penerimaan teman sebaya dalam bimbingan kelompok telah dilaksanakan dengan baik, namun konsep diri siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara penerimaan teman sebaya dalam bimbingan kelompok terhadap konsep diri siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 2 dan X MIPA 3 di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru, sedangkan objeknya adalah penerimaan teman sebaya dalam bimbingan kelompok terhadap konsep diri. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling pada penarikan sampel yakni kelas X MIPA 2 dan X MIPA 3 yang berjumlah 67 orang di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah regresi linear sederhana dengan bantuan program SPSS Versi 16.00 for windows. Berdasarkan hasil analisis terbukti bahwa ada pengaruh yang signifikan antara penerimaan teman sebaya dalam bimbingan kelompok terhadap konsep diri siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru yakni sebesar 0,689 dengan tingkat probabilitas 0,000. Hal ini diperoleh dari robservasi > rtabel pada taraf signifikan 5% dan 1% (0,232<0,689>0,302), sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Besar persentase pengaruh penerimaan teman sebaya dalam bimbingan kelompok terhadap konsep diri siswa sebesar 47,4% sedangkan sisanya sebesar 52,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat dan masukan bagi subjek yang diteliti, lembaga, guru bimbingan konseling dan peneliti selanjutnya. Kata Kunci : Penerimaan Teman Sebaya, Bimbingan Kelompok, Konsep Diri