Daftar Isi:
  • Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Untuk itu, dilaksanakan penelitian eksperimen dengan rancangan pre-test dan post-test untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation terhadap kemampuan kognitif siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru pada materi larutan penyangga. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah sampel 2 kelas yaitu XI IPA 3 (eksperimen) berjumlah 29 siswa dan XI IPA 5 (kontrol) berjumlah 30 siswa. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, tes data awal yaitu tes homogenitas dan tes data akhir yaitu pre-test dan post-test, serta dokumentasi. Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran terhadap hasil belajar digunakan rumus Kp. Perbedaan pengaruh dianalisis dengan uji t polled varians. Hasil analisis data awal dan data akhir diperoleh nilai thitung = 2,4995 dan ttabel = 1,672 pada taraf signifikan 5%. Nilai thitung>ttabel, sehingga Ho ditolak, dan Ha diterima yang berarti menunjukkan adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Group Investigation terhadap kemampuan kognitif siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru pada materi larutan penyangga, dengan pengaruh sebesar 9,88%. Kata kunci : Group Investigation, Kemampuan Kognitif, Larutan penyangga.