Daftar Isi:
  • Kondisi pegawai Humas yang secara langsung berhubungan dengan masyarakat yang terlihat dari kurang tanggap dalam memberikan informasi maupun pelayanan kepada masyarakat, secara konkrit dapat dilihat dari adanya keluhan masyarakat kurang mengetahui informasi dari berkaitan dengan pelayanan yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan human relations dalam meningkatkan kinerja Humas. Jenis pendekatan yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan lokasi penelitian yaitu RSUD Selasih. Informan dalam penelitian ini terdiri dari satu orang informan kunci yaitu Kasubbag Humas RSUD Selasih, dan empat orang pegawai Humas sebagai informan tambahan. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara analisis kualitatif. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa penerapan human relations dalam meningkatkan kinerja Humas RSUD Selasih tercermin dari adanya program Humas RSUD Selasih yang disusun dalam bentuk tugas pokok yang kemudian dilaksanakan oleh Humas yang telah dilakukan dengan saling bekerjasama dan saling berinteraksi dan saling memotivasi sesama staf guna menumbuhkan kerja sama adanya pencapaian kinerja Humas yang tergolong cukup efektif. Kata Kunci: Human Relations, Humas dan Kinerja