PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TABEL BARIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH SIMPANGKUBU KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Simpangkubu Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar melalui penerapan strategi pembelajaran aktif tabel baris. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai nilai KKM yang telah ditetapkan oleh sekolah yaitu 70. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Simpangkubu Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran aktif tabel baris untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus ada 2 kali pertemuan. Adapun pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah aktivitas guru dan aktivitas siswa dengan menggunakan rumus persentase, yaitu : P =