Daftar Isi:
  • Reses merupakan kewajiban bagi anggota DPRD dalam rangka menjaring aspirasi masyarakat guna meningkatkan kualitas, produktivitas, dan kinerja DPRD dalam mewujudkan keadilan dan kesejahteraan rakyat. Seorang wakil rakyat harus selalu menjalin komunikasi yang instens dengan konstituennya, wakil rakyat adalah orang yang selalu ada untuk melayani rakyat. Oleh karena itu, perlu adanya pola komunikas pada kegiatan reses anggota DPRD dalam menyerap aspirasi masyarakat. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pola komunikasi yang digunakan Anggota DPRD dalam menyerap aspirasi masyarakat pada kegiatan Reses sehingga terwujudnya keadilan dan kesejahteraan rakyat dalam membangun masyarakat yang sejahtera. Adapun metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Kemudian teknik pengambilan data yang dilakukan peneliti yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan oleh peneliti yaitu triangulasi sumber. Teknik analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini, Pola Komunikasi Reses Anggota DPRD kota Pekanbaru dalam Menyerap Aspirasi Masyarakat yang diukur melalui beberapa indikator proses komunikasi yang melibatkan unsur komunikator, komunikan, pesan, media dan effek yaitu melalui proses persiapan reses, proses pelaksanaan reses hingga proses menindaklanjuti hasil reses. Dari proses-proses reses tersebut ditemukan pada persiapan reses berdasarkan hasil yang ditemukan pola komunikasi yang digunakan adalah pola komunikasi atas kebawah yaitu dari pimpinan DPRD kepada anggota DPRD, selanjutnya dalam pelaksanaan reses ditemukan pola komunikasi atas kebawah dari anggota DPRD kepada masyarakat dan pola komunikasi bawah keatas dari masyarakat ke anggota DPRD, dalam menindaklanjuti hasil reses ditemukan pola komunikasi horizontal yaitu anggota DPRD bersama Pemerintah Daerah kota Pekanbaru. Selanjutnya dari keseluruhan data diperoleh pola roda pada pola komunikasi reses anggota DPRD dalam menyerap aspirasi masyarakat. Kata Kunci: Pola komunikasi, Reses.