PENGARUH KOMUNIKASI NON VERBAL GURU RUMPUN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KAMPAR TIMUR
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh komunikasi nonverbal guru rumpun IPS terhadap motivasi belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kampar Timur. Sedangkan objek penelitian ini variabel komunikasi non verbal (X) dengan sub variabel ekspresi wajah, kontak mata, sentuhan, postur tubuh dan gaya berjalan, suara, gerak isyarat, dan motivasi belajar siswa. Populasinya adalah seluruh siswa Kelas XI IPS dengan jumlah sebanyak 120 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik stratified random sampling. Pengumpulan data diambil melalui angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi ganda. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa secara simultan (bersama-sama) variabel bebas (komunikasi non verbal) yang terdiri dari ekspresi wajah (X1), kontak mata (X2), sentuhan (X3), postur tubuh dan gaya berjalan(X4) suara (X5), gerak isyarat (X6) berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar, hasil ini berdasarkan nilai Fhitung >Ftabel = . Uji secara parsial menunjukkan variabel X2 (thitung = , X3 (thitung= , X4 (thitung= , serta X6 (thitung= memiliki pengaruh signifikan terhadap motivasi belajar, hasil ini berdasarkan nilai masing-masing nilai thitung > ttabel = 1,981, sedangkan variabel X1 (thitung = dan X5 (thitung = tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap motivasi belajar. Adapun persentase pengaruh yang paling dominan adalah komunikasi non verbal kontak mata guru sebesar 20,1%, kemudian komunikasi non verbal postur tubuh dan gaya berjalan sebesar 12,0%, dan komunikasi non verbal sentuhan sebesar 10,7%, serta komunikasi non verbal gerak isyarat sebesar 8,8%, dengan persentase pengaruh secara bersama-sama sebesar 42,3%. Kata Kunci: Komunikasi Non Verbal Guru, Motivasi Belajar Siswa