Daftar Isi:
  • Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen the one group pre test dan post test design. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui kepercayaan diri siswa terisolir sebelum dan sesudah diberikan teknik kursi kosong dalam layanan konseling individual. Populasi Penelitian ini sebanyak 58 siswa terisolir dikelas IX SMP Negeri 14 Pekanbaru namun penelitian ini dilakukan secara sampel kepada 8 siswa yang mengalami masalah tentang kepercayaan diri siswa terisolir dari hasil sosiometri. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah sosiometri, angket skala likert dan dokumentasi. UjiValiditas data menggunakan SPSS For Windows Release 17.00. Adapun untuk Analisis data yang digunakan untuk membuktikan hipotesis adalah UjiWilcoxon’s, karena datanya berskala ordinal (berjenjang) dan tidak harus berdistribusi normal. Hasil penelitian ini menunjukkan kepercayaan diri siswa terisolir sebelum diberikan teknik kursi kosong dalam layanan konseling individual berada dikategori sedang dengan rata-rata 59,3 dan setelah diberikan teknik kursi kosong dalam layanan konseling individual terhadap peningkatan kepercayaan diri siswa terisolir mengalami peningkatan menjadi kategori tinggi dengan rata-rata 75.6, maka dapat dikatakan adanya perbedaan Pre-test dan Post-test. Jadi dapat disimpulkan teknik kursi kosong dalam layanan konseling individual efektif terhadap peningkatan kepercayaan diri siswa terisolir yang dilihat dari angka probalitas Asyimp. Sig (2-tailed) 0.006<0.05 sehingga Ha diterima. Kata Kunci: Efektivitas, Teknik Kursi Kosong, Layanan Konseling Individual, Kepercayaan Diri, dan Terisolir