Daftar Isi:
  • Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII sedangkan objek penelitian adalah minat mengikuti layanan informasi bidang bimbingan sosial. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 84 orang. Mengingat populasi tidak begitu besar maka penulis menggunakan penelitian populasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Minat siswa kelas VIII mengikuti layanan informasi bidang bimbingan sosial di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al-Ihsan Boarding School Siak Hulu. (2) Faktor yang mempengaruhi minat siswa kelas VIII mengikuti layanan informasi bidang bimbingan sosial di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al-Ihsan Boarding School Siak Hulu. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana minat siswa kelas VIII mengikuti layanan informasi bidang bimbingan sosial di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al-Ihsan Boarding School Siak Hulu, dan (2) Apa faktor yang mempengaruhi minat siswa kelas VIII mengikuti layanan informasi bidang bimbingan sosial di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al-Ihsan Boarding School Siak Hulu. Data dikumpulkan melalui teknik angket dan dokumentasi. Untuk mengetahui tujuan 1 dan 2 dianalisis secara deskriptif kuantitatif persentase. Setelah data yang diperoleh di lapangan dianalisis, maka disimpulkan bahwa: (1) Minat siswa kelas VIII mengikuti layanan informasi bidang bimbingan sosial di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al-Ihsan Boarding School Siak Hulu tergolong tinggi. Hasil ini didapat berdasarkan persentase jawaban angket sebesar . (2) Faktor yang mempengaruhi minat siswa kelas VIII terbagi 2 macam, yaitu: (a) Faktor eksternal, yang merupakan faktor utama dengan total persentase angket sebesar 79,95%, faktor tersebut sebagai berikut: (1) Guru bimbingan dan konseling memberikan layanan informasi begitu menyenangkan, (2) Guru bimbingan konseling ramah dan tidak pemarah, (3) Suasana di dalam kelas saat layanan informasi berlangsung begitu menyenangkan, (4) Teman-teman saya mengajak saya mengikuti layanan informasi, (5) Penggunaan media pada layanan informasi menarik perhatian siswa. (b) Faktor internal yang merupakan faktor pendukung dengan total persentase angket sebesar 20,05%, faktor tersebut sebagai berikut: (1) Siswa merasa layanan informasi itu sangat penting, (2) Siswa membutuhkan layanan informasi. Kata Kunci: Minat Siswa, Layanan Informasi, Bidang Bimbingan Sosial.