Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 40 Pekanbaru. Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu kinerja guru Pendidikan Agama Islam sebagai variabel X (variabel bebas/independen) dan motivasi belajar siswa sebagai variabel Y (variabel terikat/dependen). Subjek penelitian ini adalah 2 orang guru Pendidikan Agama Islam dan siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 40 Pekanbaru, sedangkan objek penelitian ini adalah Pengaruh Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 40 Pekanbaru. Populasi penelitian ini adalah 2 orang guru Pendidikan Agama Islam dan seluruh siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 40 Pekanbaru yang berjumlah 517 orang. Adapun sampel penelitian ini siswa kelas VII, VIII, dan IX diambil 10% yang berjumlah 52 siswa dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk mengetahui pengaruh kinerja guru terhadap motivasi belajar siswa penulis menggunakan teknik korelasi Pearson Product Moment. Berdasarkan teknik analisis data maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kinerja guru Pendidikan Agama Islam terhadap motivasi belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 40 Pekanbaru. Hasil ini diperoleh berdasarkan rhitung sebesar 0,569 dengan nilai probabilitas 0,000. Oleh karena itu p<0,05 (0,000<0,05) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh kinerja guru Pendidikan Agama Islam terhadap motivasi belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 40 Pekanbaru. Kata Kunci: Kinerja Guru dan Motivasi Belajar