PENGARUH PELAKSANAAN METODE TANYA JAWAB TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI IPS DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 TAMBANG KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR
Daftar Isi:
- Penilitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kecerdasan emosional siswa padahal guru sudah melakukan tanya jawab dengan baik yang seharusnya dapat meningkatkan kecerdasan emosional siswa tetapi kecerdasan emosional siswa belum meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Pelaksanaan Metode Tanya Jawab terhadap Kecerdasan Emosional Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI IPS di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Penelitian ini jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan servei. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan IPS. Objek penelitian ini adalah pengaruh metode tanya jawab terhadap kecerdasan emosional siswa. Penelitian ini penelitian populasi dengan jumlah subjek sebanyak 56 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan angket. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah regresi linear sederhana. Hasil analisis data diperoleh nilai robservasi > rtabel pada taraf signifikan 5% dan robservasi < rtabel pada taraf signifikasi 1% (0,244< 0,645 > 0,317) yang berarti bahwa terdapat pengaruh metode tanya jawab terhadap kecerdasan emosional siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tambang. Besar persentase pengaruh metode tanya jawab terhadap kecerdasan emosional siswa sebesar 36,8%, sedangkan sisanya sebesar 63,2% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Kata kunci : Teknik, Tanya jawab, Kecerdasan Emosional, Belajar, Pendidikan Agama Islam.