Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keunggulan dari model pembelajaran kooperatif teknik keliling kelompok yang dibantu dengan animasi dan diikuti dengan rendahnya hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA SMA YLPI Pekanbaru yang masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif teknik keliling kelompok berbantuan animasi terhadap hasil belajar kimia siswa SMA YLPI Marpoyan Pekanbaru. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik pengambilan sampel jenuh. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu, data awal yang diambil dari nilai materi sebelumnya dan data akhir diambil dari selisih pretest dan posttest kedua kelas. Data awal dan data akhir dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung= 2,9208 dan ttabel = 2,000 dan menunjukkan thitung > ttabel, yang berarti menunjukkan adanya pengaruh terhadap hasil belajar dengan pengaruh sebesar 10,46%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif teknik keliling kelompok berbantuan animasi memberikan pengaruh yang positif terhadap hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan Koloid di kelas XI IPA SMA YLPI Marpoyan Pekanbaru. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Keliling Kelompok, Animasi, Hasil Belajar.