PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION DENGAN MEDIA PERMAINAN TRUTH AND DARE TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar kimia siswa Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru yang masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division dengan media permainan Truth and Dare terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran kimia kelas X di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru pada pokok bahasan tata nama senyawa, konsep massa atom relatif (Ar) dan massa molekul relative (Mr), serta persamaan reaksi kimia sederhana. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu, data awal yang diambil dari nilai materi sebelumnya dan data akhir diambil dari selisih pretest dan posttest kedua kelas. Data awal dan data akhir dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil pengolahan data akhir diperoleh thitung > ttabelyakni thitung= 2,82 dan ttabel = 2,66, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran STAD dengan media permainan Truth and Dare terhadap hasil belajar kimia dengan Kp sebesar 19,48%. Kata Kunci: Model Pembelajaran Student Team Achievement Division, Truth and Dare, Hasil Belajar.