Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan perilaku mengajar guru Akidah Akhlak terhadap motivasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Hasanah Pekanbaru.Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu Perilaku Mengajar Guru (Variabel Bebas/independen atau variabel X) dan Motivasi Belajar Siswa (Variabel Terikat /dependen atau variabel Y).Populasi dalam penelitian ini adalah 1 orang guru Akidah Akhlak dan 71 siswa kelas XI dan XII Madrasah Aliyah Hasanah Pekanbaru. Sehubungan dengan sedikitnya jumlah populasi siswa, maka peneliti tidak menggunakan sampel total populasi berjumlah 71 siswa. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah angket, observasi, dan dokumentasi.Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah koefesien korelasi kontingensi. Berdasarkan analisis data diperolah koefesien korelasi pengaruh perilaku mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Hasanah Pekanbaru adalah Phi (φ) =0,553 (hasil perhitungan). Berkonsultasi dengan tabel nilai ―r‖ Product Momentdf = N – nr = 71 – 2 = 69. Karena dalam tabel ―r‖ Product Momentdf = 69 tidak ada, maka digunakan df yang mendekati 69 yaitu 60. Dengan df = 60 diperoleh harga r tabel sebagai berikut: pada taraf Pada tarif signifikan 1 % = 0,325, pada taraf signifikan 5 % = 0,250 (0,250<0,553>0,325). Dengan demikian maka Ha diterima dan H0 ditolak.Jadi, ada pengaruh yang signifikan perilaku mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Hasanah Pekanbaru.