Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitain ini dilatar belakangi oleh kurangnya disiplin guru ekonomi terhadap prestasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Hasanah Pekanbaru. Informan penelitian ini adalah siswa kelas X IPS yang berjumlah 35 orang siswa dan guru mata pelajaran ekonomi yang berjumlah 1 orang di Madrasah Aliyah Hasanah Pekanbaru. Objek dari penelitian ini adalah Pengaruh Kedisiplinan Guru Ekonomi Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Hasanah Pekanbaru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Sementara teknik analisisnya menggunakan regresi linier sederhana. Adapun perhitungannya menggunakan SPSS Versi 16.0 . Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan disiplin guru ekonomi terhadap prestasi belajar siswa di Sekolah Madrasah Aliyah Hasanah Pekanbaru dengan besar koefisien determinasi (R Square) adalah 0,317. Sedangkan sisanya sebesar 68,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitain ini. Kata Kunci : Pengaruh Disiplin Guru Ekonomi, Prestasi Belajar Siswa