Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan video pembelajaran terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI SMA Negeri 14 Pekanbaru pada materi koloid. Dilatarbelakangi oleh keterbatasan dalam menggunakan model pembelajaran serta media pembelajaran yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA. Sampel terdiri dari dua kelas yang dipilih secara simple random sampling dan diperoleh kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes dalam bentuk uji homogenitas sebagai data awal pada materi sebelum koloid, Pretest dan posttest sebagai data akhir, observasi dan dokumentasi. Analisis data akhir pada penelitian ini dihitung dengan menggunakan uji “t”, dari hasil perhitungan diperoleh thitung 3.27 dan ttabel 1.9977 pada taraf signifikan 5%. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa thitung 3.27> ttabel 1.9977 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, yang artinya ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Acheivement Division (STAD) berbantuan video pembelajaran pada materi koloid terhadap hasil belajar siswa dengan nilai koefisien pengaruh 14.31%. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (STAD), Video Pembelajaran, Koloid , Hasil Belajar Siswa