Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap hasil belajar kimia siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik probability sampling, yaitu simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu, data awal yang diambil dari nilai materi sebelumnya dan data akhir diambil dari selisih pretes dan posttes kedua kelas. Data awal dan data akhir dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung= 2,14 dan ttabel= 2,000 dan menunjukkan thitung>ttabel, yang berarti menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar dengan peningkatan sebesar 6%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Think Talk Write (TTW) memberikan pengaruh yang positif terhadap hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan Koloid di kelas XI MIPA Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar. Kata Kunci: Strategi Pemb