Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian quasy experiment dengan rancangan pre-test dan post-test. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang didominasi oleh penggunaan metode diskusi informasi masih di terapkan pada kurikulum 2013 dan terkendala di faktor sosial dan nonsosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) berbantuan media Quipper School terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi Koloid. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA tahun ajaran 2016/2017 dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara purposive sample maka diperoleh 2 kelas sampel yaitu XI MIA 3 (eksperimen) dan X MIA 2 (kontrol). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes dalam bentuk uji homogenitas sebagai data awal pada materi sebelumnya, pre-test dan post-tes sebagai data akhir, dokumentasi dan observasi. Analisis data akhir pada penelitian ini dihitung dengan menggunakan uji “t”. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 3,00 dan ttabel = 2,01 pada taraf signifikan 5%. Pada analisis kemampuan kognitif, kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata yang lebih besar dari pada kelas kontrol yaitu 80,21% dengan kategori baik sementara kelas kontrol yaitu 77,08% dengan kategori baik. Pada taksonomi Bloom terdapat perbedaan pada aspek C1, C2, dan C3 di kelas eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa thitung ≥ ttabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) berbantuan media Quipper School terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi koloid dengan nilai koefisien pengaruh sebesar 16%. Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif, Numbered Heads Together (NHT), Media Quipper School, Kemampuan Kognitif, Koloid