Daftar Isi:
  • Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya karakter disiplin siswa, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi kepribadian guru ekonomi terhadap karakter disiplin siswa. Penelitian ini dilakukan disekolah Madrasah Aliyah Ummatan Washatan Pondok Pesantren Teknologi Riau Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X. Objek penelitian ini adalah pengaruh kompetensi kepribadian guru ekonomi terhadap karakter disiplin siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 40 orang siswa. Karena siswa tidak lebih dari 100 maka seluruh populasi dijadikan sampel. Pengumpulan data diambil melalui angket dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel penulis menggunakan teknik random sampling, sedangkan untuk menentukan besarnya jumlah sampel digunakan rumus slovin. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisi yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai r observasi> r tabel pada taraf signifikan 5% maupun 1% atau (0,312<0,438>0,267 )yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi kepribadian guru ekonomi terhadap karakter disiplin siswa. Besarnya persentase pengaruh antara kompetensi kepribadian guru ekonomi terhadap karakter disiplin siswa sebesar 19,2%, sedangkan sisanya sebesar 80,8% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini.