Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya hasil belajar kimia siswa kelas XI. Untuk itu, dilaksanakan penelitian eksperimen dengan rancangan pretest dan posttest untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan animasi terhadap hasil belajar siswa pada materi hidrolisis garam. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah sampel 2 kelas yaitu XI IPA 1 (eksperimen) dan XI IPA 3 (kontrol) yang dipilih dengan teknik Simple Random Sampling. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, tes data awal yaitu tes homogenitas dan tes data akhir yaitu pretest dan postest, serta dokumentasi. Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran terhadap hasil belajar digunakan rumus kp. Perbedaan pengaruh dianalisis dengan uji t sampel related. Hasil analisis data awal dan data akhir diperoleh nilai thitung= dan ttabel=2,00 pada taraf signifikan 5%. Nilai thitung>ttabel, sehingga ho ditolak, dan ha diterima yang berarti menunjukkan adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan animasi terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA N 1 Kampar Timur pada materi hidrolisis garam, dengan pengaruh sebesar 12%. Kata Kunci: Quantum Teaching, Animasi, Hasil Belajar, Hidrolisis Garam