UPAYA IKMI KOTA PEKANBARU DALAM PENGEMBANGAN MEDIA DAKWAH
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan media yang pesat yang tidak diikuti oleh upaya serius untuk pengembangan media dakwah oleh lembagalembaga dakwah di Indonesia. Oleh karena itu, pada zaman teknologi yang berkembang saat ini, penyampaian dakwah semestinya tidak hanya dengan metode ceramah tatap muka, namun dapat dikemas menjadi lebih menarik dengan adanya penggunaan media. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana Upaya IKMI Kota Pekanbaru Dalam Pengembangan Media Dakwah. Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana Upaya IKMI Kota Pekanbaru dalam Pengembangan Media Dakwah. Subjek penelitian ini adalah IKMI Kota Pekanbaru. Selanjutnya yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah Upaya IKMI Kota Pekanbaru Dalam Pengembangan Media Dakwah. Penelitian ini disusun dengan kerangka pikir yang sistematis dengan menggunakan model deduktif. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif. Informan penelitian berjumlah 6 (enam) orang. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yang kemudian hasil data tersebut dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Penelitian ini menemukan bahwa Upaya IKMI Kota Pekanbaru dalam Pengembangan Media Dakwah adalah dengan menggunakan beberapa media yaitu Pertama, Pengembangan media auditif (radio), Kedua, Pengembagan media visual (buletin dan buku) dan Ketiga, Pengembangan media baru internet (facebook dan website). Namun pada saat ini IKMI Kota Pekanbaru lebih fokus menggunakan media radio dan buletin untuk pengembangan dakwah. Hal ini dikarenakan terbatasnya sumber daya manusia yang dimiliki IKMI dalam menggunakan media-media lain, seperti internet. Kata kunci: Upaya, IKMI Kota Pekanbaru, Media Dakwah.