Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sulitnya siswa dalam memahami materi ikatan kimia sehingga berpengaruh pada rendahnya prestasi belajar siswa yang ditandai dengan banyaknya siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimium (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining (SFAE )menggunakan peta konsep terhadap prestasi belajar kimia siswa pada pokok bahasan ikatan Kimia kelas X SMKF Ikasari Pekanbaru Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen, teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Random Sampling, sehingga didapat dua kelas yaitu kelas X.1 Farmasi sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining (SFAE )menggunakan peta konsep dan kelas X.2 Farmasi sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaraan konvensional. Pengumpulan data dalam penelitian ini ialah wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Untuk mengetahui hasil penelitian mengenai prestasi belajar kimia siswa dilakukan uji “t”. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung = 2,94 dan ttabel = 2,02619 yang menunjukkan thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining (SFAE ) menggunakan peta konsep terhadap prestasi belajar kimia siswa di SMKF Ikasari Pekanbaru dengan Kp sebesar 10,57%. Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif tipe SFAE, Peta Konsep, Prestasi Belajar, Ikatan Kimia.