Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh, pelaksanaan layanan penguasaan konten bidang bimbingan belajar yang telah dilaksanakan dengan baik, namun motivasi belajar siswa masih rendah.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai (1) keaktifan mengikuti layanan penguasaan konten bidang bimbingan belajar, (2) motivasi belajar siswa, dan (3) mengetahui hubungan keaktifan mengikuti layanan penguasaan konten bidang bimbingan belajar dengan motivasi belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Pekanbaru.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis deskriptif korelasional.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII 5 dan VIII 6 Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Pekanbaru, sedangkan objeknya adalah hubungan keaktifan mengikuti layanan penguasaan konten bidang bimbingan belajar dengan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan purposive sampling pada penarikan sampel yakni siswa kelas VIII 5 dan VIII 6yang berjumlah 75 orangdi Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Pekanbaru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Angket yang digunakan adalah angket tertutup dengan skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah product moment dengan bantuan program SPSS Versi 16.00 for windows. Hasil uji reliabilitas keaktifan mengikuti layanan layanan penguasaan konten bidang bimbingan belajar (variabel X) 0,851 dan motivasi belajar siswa (variabel Y) 0,814.Berdasarkan hasil analisis terbukti bahwa ada hubungan yang signifikan antara keaktifan mengikuti layanan penguasaan konten bidang bimbingan belajar dengan motivasi siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Pekanbaru yakni sebesar 0,562dengan tingkat probabilitas 0,000. Hal ini diperoleh dari rhitung>rtabel pada taraf signifikan 5% dan 1% (0,232<0,562>0,302), sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat dan masukan bagi subjek yang diteliti, lembaga, guru bimbingan konseling dan peneliti selanjutnya. Kata Kunci :Keaktifan, Layanan Penguasaan Konten, Motivasi Belajar